Keahlian
& Pengetahuan manajer
•
Keahlian Manajer : Seorang manajer yang
berhasil harus memiliki banyak keahlian, tetapi ada dua yang mendasar yaitu
komunikasi dan pemecahan masalah. Manajer berkomunikasi dengan bawahannya,
atasannya, manajerlain ditingkat yang sama, dan dengan orang-orang diluar
perusahaan. Mereka juga memecahkan masalah dengan membuat perubahan-perubahan
pada operasi perusahan sehingga perusahaan dapat mencapai tujuannya.
–
Komunikasi :
–
Memecahan masalah
Pengetahuan
Manajer :
–
Mengerti Komputer (computer literacy) :
pengetahuan ini mencakup pengertian mengenai istilah-istilah computer,
pemahaman mengenai keunggulan dan kelemahan computer, kemampuan menggunakan
computer.
–
Mengerti Informasi (Information literacy) :
meliputi pengertian bagaimana menggunakan informasi pada tiap-tiap tahap dari prosedur
pemecahan masalah, dimana informasi dapat diperoleh, dan bagaimana membagikan
informasi dengan orang lain.
Mengerti informasi tidak tergantung pada
mengerti computer, seorang manajer dapat mengerti informasi tapi tidak mengerti
computer. Kenyataannya jika seseorang diharuskan memilih, mengerti informasi
lebih penting. Namun idealnya, seorang manajer harus mengerti computer dan
informasi.
Manajer harus dapat memandang perusahaan /
organisasinya sebagai suatu sistem
1.
Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan
sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan
secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer
mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan
kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk
memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua
fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat
berjalan.
2.
Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar
menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah
manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk
melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian
dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa
yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa
yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus
diambil.
3.
Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua
anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan
manajerial dan usaha
No comments:
Post a Comment