Thursday, January 23, 2014

PEMROGRAMAN SWING dan APPLET


Swing merupakan alternatif lain untuk mengimplementasikan pemrograman window. Walaupun diimplementasikan berdasarkan kelas AWT, Swing tidak menggunakan komponen-komponen yang terdapat pada AWT, sehingga tampilan komponen dalam Swing tidak tergantung pada sistem window lokal.
Pada Swing kelas JComponent merupakan superkelas bagi sejumlah kelas, misalnya JLabel, JComboBox, JList, JPanel dan sebagainya. Swing dikemas dalam paket bernama javax.swing.
JLABEL
Merupakan komponen yang biasa digunakan untuk meampilkan teks yang pendek. Selain itu komponen ini dapat digunakan untuk menampilkan ikon ataupun untuk menampilkan ikon dan teks.
Icon adalah interface yang didefinisikan untuk mengatur ikon pada paket javax.swing. Adapun kelas yang mengimplementasikan Icon adalah ImageIcon.
Bentuk penulisan :
Icon varikon = new ImageIcon(nama file gambar)
Contoh :
// nama berkas : apsjlabel.java
import javax.swing.*;
import java.awt.event.*;
public class apsjlabel extends JFrame
{
public static void main(String[] args)
{
apsjlabel aplikasi = new apsjlabel();
}
public apsjlabel()
{
super("Aplikasi JLabel");
setSize(300,150);
addWindowListener (new apsjlabel.keluar());
Icon panda = new ImageIcon("f:/panda.gif");
JLabel t1 = new JLabel("Binatang kesayanganku : ");
JLabel t2 = new JLabel("Lucu...", panda, SwingConstants.CENTER);
JPanel p1 = new JPanel();
p1.add(t1);
p1.add(t2);
getContentPane () .add("South", p1);
show();
}
class keluar extends WindowAdapter
{
public void windowClosing(WindowEvent e)
{
System.exit(0);
}
}
}
Hasil :
JBUTTON
Berguna untuk membuat objek tombol yang dapat dilengkapi dengan judul tombol maupun ikon.
Contoh :
// nama berkas : apsjbutton.java
import javax.swing.*;
import java.awt.event.*;
import java.awt.*;
public class apsjbutton extends JFrame
{
public static void main(String[] args)
{
apsjbutton aplikasi = new apsjbutton();
}
public apsjbutton()
{
super("Aplikasi JButton");
setSize(400,150);
addWindowListener (new apsjbutton.keluar());
Icon stop = new ImageIcon("f:/panda.gif");
JButton tmaks = new JButton("Perbesar");
JButton tmin = new JButton("Perkecil");
JButton tout = new JButton("Keluar",stop);
JPanel p1 = new JPanel();
p1.add(tmaks);
p1.add(tmin);
p1.add(tout);
getContentPane () .add("South", p1);
tmaks.addActionListener(new apsjbutton.penangantombol());
tmin.addActionListener(new apsjbutton.penangantombol());
tout.addActionListener(new apsjbutton.penangantombol());
show();
}
class keluar extends WindowAdapter
{
public void windowClosing(WindowEvent e)
{
System.exit(0);
}
}
class penangantombol implements ActionListener
{
public void actionPerformed(ActionEvent e)
{
String s = e.getActionCommand();
if (s.equals("Perbesar"))
{
setSize(600,400);
}
else
if (s.equals("Perkecil"))
{
setSize(400,150);
}
else
if (s.equals("Keluar"))
{
System.exit(0);
}
}
}
}
Hasil :
BOX
Berguna untuk melakukan pengaturan terhadap sejumlah komponen.
Contoh :
// nama berkas : apsbox.java
import javax.swing.*;
import java.awt.event.*;
import java.awt.*;
public class apsbox extends JFrame
{
public static void main(String[] args)
{
apsbox aplikasi = new apsbox();
}
public apsbox()
{
super("Aplikasi Box");
setSize(400,150);
addWindowListener (new apsbox.keluar());
Box bt1 = Box.createVerticalBox();
for (int i=1; i<=3; i++)
bt1.add(new JButton("Tombol ke-"+i));
Box bt2 = Box.createHorizontalBox();
for (int i=1; i<=3; i++)
{
bt2.add(new JButton("Tombol ke-"+i));
bt2.add(Box.createHorizontalStrut(20));
}
Container p1 = getContentPane();
p1.add(BorderLayout.EAST, bt1);
p1.add(BorderLayout.SOUTH, bt2);
show();
}
class keluar extends WindowAdapter
{
public void windowClosing(WindowEvent e)
{
System.exit(0);
}
}
}
Hasil :
MENU
adalah kelas yag berguna untuk membuat batang menu yang biasa diletakkan di atas jendela dan bersifat pull down. Dalam prakteknya pembuatan batang menu melibatkan sejumlah kelas lain yaitu JMenu dan JMenuItem.
Contoh :
// nama berkas : menu.java
import javax.swing.*;
import java.awt.event.*;
import java.awt.*;
import java.io.*;
public class menu extends JFrame implements ActionListener
{
public static void main(String[] args)
{
menu aplikasi = new menu();
}
public menu()
{
super("Aplikasi Menu");
setSize(300,150);
addWindowListener (new menu.keluar());
JMenuBar apsmenu = new JMenuBar();
setJMenuBar (apsmenu);
JMenu file = new JMenu("File");
JMenu warna = new JMenu("Warna");
apsmenu.add(file);
apsmenu.add(warna);
JMenuItem buka = new JMenuItem("Buka");
JMenuItem simpan = new JMenuItem("Simpan");
JMenuItem garis = new JMenuItem("-");
JMenuItem keluar = new JMenuItem("Keluar");
file.add(buka);
file.add(simpan);
file.add(garis);
file.add(keluar);
JMenu latar = new JMenu("Warna Latar Belakang");
JMenu teks = new JMenu("Warna Teks");
warna.add(latar);
warna.add(teks);
JMenuItem latarputih = new JMenuItem("Putih");
JMenuItem latarabu = new JMenuItem("Abu-abu");
latar.add(latarputih);
latar.add(latarabu);
JMenuItem tekshitam = new JMenuItem("Hitam");
JMenuItem teksbiru = new JMenuItem("Biru");
teks.add(tekshitam);
teks.add(teksbiru);
keluar.addActionListener(this);
show();
}
class keluar extends WindowAdapter
{
public void windowClosing(WindowEvent e)
{
System.exit(0);
}
}
public void actionPerformed(ActionEvent e)
{
String s = e.getActionCommand();
if (s.equals("Keluar"))
{
dispose();
}
}
}
Hasil :
APPLET
Merupakan program Java yang ditujukan secara khusus agar bisa berjalan di lingkungan web browser, misalnya Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera dan sebagainya. Applet adalah subkelas dari Panel yang terletak pada java.applet dan dilengkapi dengan fitur untuk berkomunikasi dengan host server dan bahkan berkomunikasi antar applet namun tidak dirancang untuk tidak melakukan operasi penulisan ke komputer klien karena alasan keamanan.
Contoh :
// nama berkas : applet1.java
import java.awt.*;
import java.applet.Applet;
public class applet1 extends Applet
{
public void paint(Graphics g)
{
Font f = new Font ("sanserif", Font.BOLD, 20);
g.setFont(f);
g.setColor(Color.BLUE);
int xpusat = this.getSize().width/2;
int ypusat = this.getSize().height/2;
String s = "Teks ini dibuat dengan Java Applet";
FontMetrics fm = this.getFontMetrics(f);
int posisix = xpusat - (fm.stringWidth (s) /2);
g.drawString(s, posisix, ypusat);
}
}
Kompilasi program untuk menghasilkan applet1.class kemudian buat program HTML sebagai berikut :
<html>
<head><title>Belajar Applet</title></head>
<body>
<h3>Belajar Applet</h3>
<applet code="applet1.class" width=350 height=80></applet> <br>
-- Akhir HTML --
</body>
</html>
Jika program HTML di atas dijalankan dengan menggunakan Internet Explorer akan menghasilkan :
MELEWATKAN PARAMETER
Parameter yang berasal dari skrip HTML dapat ditangkap dengan menggunakan metode :
getParameter(String namaparameter)
dan dikirimkan ke applet Java melalui tag <param>
Contoh :
// nama berkas : applet2.java
import java.awt.*;
import java.applet.Applet;
public class applet2 extends Applet
{
String nama;
public void init()
{
nama = getParameter("nama");
if (nama == null)
nama = "Yudi Irawan Chandra";
nama = "Hai.."+nama+" , Apa Kabar ?";
}
public void paint (Graphics g)
{
g.drawString(nama,10,25);
}
}
File HTML :
<html>
<head><title>Belajar Applet</title></head>
<body>
<h3>Belajar Applet</h3>
<applet code="applet2.class" width=350 height=30> <br>
<param name=nama value="Aditya Fajar Ramadhan">
</applet> <br>
-- Akhir HTML --
</body>
</html>
MEMAINKAN SUARA
Applet mendukung metode yang ditujukan untuk memainkan suara. Metode yang sederhana adalah dengan menggunakan : play(URL url, String namaberkas)
atau dapat juga dengan menggunakan metode getAudioClip().
Beberapa tipe suara yang dapat dimainkan adalah :
* MIDI (The Music Instrument Digital Interface)
* RMF (The Rich Music Format)
* WAV (format suara audio dari Microsoft)
* AIFF (The Audio Interchage File Format)
* AU (format suara audio dari SUN)
Contoh :
// nama berkas : musik.java
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import java.applet.Applet;
import java.applet.AudioClip;
public class musik extends Applet
{
Button main, berhenti, ulang;
AudioClip klip;
public void init()
{
klip = getAudioClip(getCodeBase(), "musik.mid");
main = new Button("Main");
berhenti = new Button("Berhenti");
ulang = new Button("Ulang");
add(main);
add(berhenti);
add(ulang);
main.addActionListener(new musik.penangantombol());
berhenti.addActionListener(new musik.penangantombol());
ulang.addActionListener(new musik.penangantombol());
}
class penangantombol implements ActionListener
{
public void actionPerformed(ActionEvent e)
{
String s = e.getActionCommand();
if (s.equals("Main")) klip.play();
else if (s.equals("Berhenti")) klip.stop();
else if (s.equals("Ulang")) klip.loop();
}
}
}
File HTML :
<html>
<head><title>Belajar Applet</title></head>
<body>
<h3>Aplikasi Musik</h3>
<applet code="musik.class" width=250 height=30>
</applet> <br>
-- Akhir HTML --
</body>
</html>
Hasil :
MENAMPILKAN GAMBAR
Gambar dapat ditampilkan dengan kelas Image, metode paint() dan menggunakan drawImage()
Contoh :
// nama berkas : gambar.java
import java.awt.*;
import java.applet.Applet;
public class gambar extends Applet
{
Image panda;
public void init()
{
panda = getImage(getCodeBase(), "panda.gif");
}
public void paint (Graphics g)
{
g.drawImage(panda,0,0, this);
}
}
File HTML :
<html>
<head><title>Belajar Applet</title></head>
<body>
<h>My Animation :</h3>
<applet code="gambar.class" width=100 height=100>
</applet> <br>
-- Akhir HTML --
</body>
</html>
Hasil :

kisi" pbo

1. Buat program untuk menampilkan bilangan ganjil yang lebih kecil dari 20
menggunakan :
a. For
b. While atau do while (pilih salah satu)
Jawaban :
public class Ganjil {
public static void main(String [] args) {
int i;
for (i=0; i0)
System.out.print(i + ” “);
}
}
}
public class Ganjil {
public static void main(String [] args) {
int i=0;
while (i0)
System.out.print(i + ” “);
i++;
}
}
}
public class Ganjil {
public static void main(String [] args) {
int i=0;
do {
if ((i%2)>0)
System.out.print(i + ” “);
i++;
} while (i<20);
}
}
2. Dengan menggunakan array 2 dimensi, buatlah program yang menghitung nilai
akhir dari 3 mahasiswa dengan aturan : Na = 0.35*UTS + 0.45*UAS + 0.2*Tugas;
Nama UTS UAS Tugas
Amin 67 78 89
Budi 78 90 87
Candra 56 67 70
Jawaban soal UTS PJJ PBO @Tessy Badriyah, 21 April 2007
Jawaban :
public class Nilai {
public static void main(String [] args) {
String nama[]={“Amin”, “Budi”, “Candra”};
double uts[]={67,78,56}, uas[]={78,90,67}, tugas[]={89,87,70}, NA;
for (int i=0; i bilangan desimal
10 => bilangan octal karena dimulai dengan 0
18 => bilangan hexa karena dimulai dengan 0x
4. Apa yang terjadi jika program ini dijalankan ? Jika terjadi error betulkan !
public class Test {
public static void main(String args []) {
short s = 9;
int i=10;
float f=11.1f;
double d=12.2;
s = i;
d = f;
i = d;
}
}
Jawaban :
Prinsip : widening (tipe data variabel di sebelah kiri harus memiliki range
(jangkauan) yang lebih luas daripada tipe data variabel di sebelah kanannya.
Jawaban soal UTS PJJ PBO @Tessy Badriyah, 21 April 2007
Pembetulan :
public class Test {
public static void main(String args []) {
short s = 9;
int i=10;
float f=11.1f;
double d=12.2;
s = (short) i;
d = f;
i = (int) d;
}
}
5. Apa hasil compile dan eksekusi program dibawah ini ?
public class Test {
public static void main(String args []) {
int bil=1, j=0, temp, i;
for (i=0; i<5; i++) {
temp = i % 2;
switch (temp) {
case 0 : j=j+bil++;
break;
case 1 : j=j+ (++bil);
break;
}
}
System.out.println(j);
}
}
Jawaban :
17
6. Untuk program-program di bawah ini, berikan penjelasan dan tebaklah
outputnya !
a. public class ShortAnd {
public static void main(String args[] ) {
int a=5, b=7;
if ((a<2) && (b++<10)) b+=2;
System.out.println(b);
}
}
b. public class ShortOr {
public static void main(String args[] ) {
int a=5, b=7;
if ((a<2) || (b++<10)) b+=2;
System.out.println(b);
}
}
c. public class Complement {
public static void main(String args[] ) {
int i;
i=~7;
System.out.println(i);
}
}
d. public class LeftShift {
public static void main(String args[] ) {
int i=3;
i = i <80)
NH=”A”;
else if (NA>70)
NH=”AB”;
else if (NA>65)
NH=”B”;
else if (NA>60)
NH=”BC”;
else if (NA>55)
NH=”C”;
else if (NA>40)
NH=”D”;
else
NH=”E”;
System.out.println(“Nilai angka = “+NA);
System.out.println(“Nilai huruf = “+NH);
}
}
8. Buat program dengan menggunakan array untuk menghitung bilangan Fibonacci
tentukan n=9 (Bilangan Fibonacci adalah bilangan yang menjumlahkan 2
bilangan sebelumnya !
Jawaban :
public class Fibonacci {
public static void main(String args []) {
int n = 9;
// Program Fibonacci
int i;
int fibo[];
fibo=new int [10];
Jawaban soal UTS PJJ PBO @Tessy Badriyah, 21 April 2007
fibo[1]=1; fibo[2]=1;
for (i=3; i<10; i++)
fibo[i]=fibo[i-1]+fibo[i-2];
System.out.println(“Bilangan Fibonacci suku ke-1 sampai 9 :”);
for (i=1; i<10; i++)
System.out.print(fibo[i]+” “);
}
}
9. Jelaskan perbedaan 2 program di bawah ini dan tebaklah masing-masing
outputnya !
public class Switch1 {
public static void main(String
args[]) {
int i = 2;
switch (i) {
case 1 : i+=3;
break;
case 2 : i+=5;
break;
default : i+=10;
}
System.out.println(i);
}
}
public class Switch2 {
public static void main(String args[]) {
int i = 2;
switch (i) {
case 1 : i+=3;
case 2 : i+=5;
default : i+=10;
}
System.out.println(i);
}
}
Jawaban :
Pada program sebelah kiri, setelah mengerjakan statement yang ada di case 2, dan karena
diakhiri dengan perintah break maka keluar dari switch dan langsung mencetak nilai
variabel i. outputnya 7.
Pada program sebelah kanan, karena setelah mengerjakan statement yang ada di case 2,
di dalamnya tidak diberi perintah break maka akan melanjutkan ke statement berikutnya
(yaitu default) sehingga outputnya 17.
10. Implementasikan UML class diagram di bawah ini ke dalam program untuk class
Mahasiswa
Mahasiswa
-nrp : int
-nama : String
+ Mahasiswa(i : int, String n)
+ getNRP() : int
+ getNama() : String
Jawaban soal UTS PJJ PBO @Tessy Badriyah, 21 April 2007
Jawaban :
public class Mahasiswa {
public int nrp;
public String nama;
public Mahasiswa(int i, String n) {
this.nrp=i;
this.nama=n;
}

Sistem Informasi Akuntansi

Apa yang dimaksud dengan teknik sistem -merupakan alat yang digunakan menganalisis, merancang dan mendokumentasikan sistem dan hubungan antarsub sistem. tekhnik" tersebut umumnya bersufat grafikal

Jelaskan tujuan dibuatnya formulir
    1.formulir dibuat untuk meminta dilakukannya suatu tindakan.
    2.formulir digunakan untuk mencatat tindakan yang telah dilaksanakan.

    Jelaskan definisi dan tujuan Sistem Pengendalian Intern
    Sistem Pengendalian Internal adalah suatu sistem usaha atau sistem sosial yang dilakukan perusahaan yang terdiri dari struktur organisasi, metode dan ukuran-ukuran untuk menjaga dan mengarahkan jalan perusahaan agar bergerak sesuai dengan tujuan dan program perusahaan dan mendorong efisiensi serta dipatuhinya kebijakan manajemen.
    tujuan
     1.  Menjaga kekayaaan dan catatan organisasi.
    2.  Mengecek ketelitian dan keandalan data akuntansi.
    3.  Mendorong efisiensi dengan menggunakan sumber daya dan sarana. Secara berdaya guna dan berhasil guna.
    4.  Mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen.

    Sebutkan hal hal yang perlu dipertimbangkan dalam pembuatan kode
    -Setiap kode harus mewakili secara unik unsur yang diberi kode.
    -Desain kode harus mudah disesuaikan dengan tuntutan perubahan.

    Sebutkan definisi Sistem Informasi Akuntansi
    a. Sistem adalah kelompok dari dua atau lebih komponen atau sub
    sistem, saling berhubungan yang memiliki fungsi dengan tujuan yg
    sama.
    b. Sistem Informasi adalah serangkaian prosedur atau tata cara formal
    dimana data dikumpulkan, dproses menjadi informasi2 dan didistribusikan
    ke para pengguna.
    c. Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas,
    mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yg berhubungan
    dengan keuangan sehingga dpt digunakan oleh orang yg menggunakannya dgn
    mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.
    Akuntansi berasal dari kata asing " ACCOUNTING" yg artinya adalah menghitung
    atau mempertanggung jawabkan. akuntansi digunakan di hampir seluruh kegiatan
    bisniss diseluruh dunia untuk mengambil keputusan sehingga dsebut sebagai
    bahasa bisnis.

    Jadi SI AKUNTANSI adalah sebuah sistem informasi yang menangani segala sesuatu
    yg berkenaan dengan akuntansi.

    Bintang dengan For-Looping pada PL/SQL Oracle


    a. segitiga a
    *
    **
    ***
    ****
    *****

    b. segitiga b
    *****
    ****
    ***
    **
    *

    c. segitiga c
    *
    **
    ***
    ****
    *****
    ****
    ***
    **
    *

    a. segitiga a
    declare
    begin
    FOR x IN 1..5 LOOP
    FOR y IN 1..x LOOP
    DBMS_OUTPUT.PUT('*');
    END LOOP;
    DBMS_OUTPUT.NEW_LINE();
    DBMS_OUTPUT.PUT_LINE('');
    END LOOP;
    end;
    /

    b. segitiga b
    declare
    begin
    FOR x IN REVERSE 1..5 LOOP
    FOR y IN 1..x LOOP
    DBMS_OUTPUT.PUT('*');
    END LOOP;
    DBMS_OUTPUT.NEW_LINE();
    DBMS_OUTPUT.PUT_LINE('');
    END LOOP;
    end;
    /

    c. segitiga c
    declare
    begin
    FOR x IN 1..5 LOOP
    FOR y IN 1..x LOOP
    DBMS_OUTPUT.PUT('*');
    END LOOP;
    DBMS_OUTPUT.NEW_LINE();
    DBMS_OUTPUT.PUT_LINE('');
    END LOOP;

    FOR x IN REVERSE 1..4 LOOP
    FOR y IN 1..x LOOP
    DBMS_OUTPUT.PUT('*');
    END LOOP;
    DBMS_OUTPUT.NEW_LINE();
    DBMS_OUTPUT.PUT_LINE('');
    END LOOP;
    end;
    /

    1. Contoh percabangan dengan satu kondisi
    - Menentukan sebuah bilangan Bulat apakah termasuk kedalam bilangan 
    Genap atau Ganjil
    -----------------------------------------------------------------------
    SET SERVEROUTPUT ON
    DECLARE
    BIL INTEGER := 100;
    BEGIN
    IF MOD(BIL,2)=0 THEN
    DBMS_OUTPUT.PUT_LINE(TO_CHAR(BIL)|| ' adalah bilangan Genap');
    END IF;
    END;

    - Menentukan bilangan terbesar dan terkecil dari sebuah bilangan bulat 
    ----------------------------------------------------------------------- 
    SET SERVEROUTPUT ON
    DECLARE
    bil_1 INTEGER;
    bil_2 INTEGER;
    BEGIN
    bil_1 := 300;
    bil_2 := 200;

    IF bil_1 > bil_2 THEN
    DBMS_OUTPUT.PUT_LINE('Bilangan tebesar adalah : '|| TO_CHAR(bil_1) 
    ||', terkecil adalah : ' || TO_CHAR(bil_2)); 
    END IF;
    END;

    2. Contoh percabangan dengan dua kondisi
    - Menentukan sebuah bilangan Bulat apakah termasuk kedalam bilangan 
    Genap atau Ganjil
    -----------------------------------------------------------------------
    SET SERVEROUTPUT ON
    DECLARE
    bil INTEGER := 99;
    BEGIN
    IF MOD(bil,2)=0 THEN
    DBMS_OUTPUT.PUT_LINE(TO_CHAR(bil)|| ' adalah bilangan Genap');
    ELSE
    DBMS_OUTPUT.PUT_LINE(TO_CHAR(bil)|| ' adalah bilangan Ganjil');
    END IF;
    END;

    - Menentukan bilangan terbesar dan terkecil dari sebuah bilangan bulat 
    -----------------------------------------------------------------------
    SET SERVEROUTPUT ON
    DECLARE
    bil_1 INTEGER;
    bil_2 INTEGER;
    BEGIN
    bil_1 := 300;
    bil_2 := 200;

    IF bil_1 > bil_2 THEN
    DBMS_OUTPUT.PUT_LINE('Bilangan tebesar adalah : ' || TO_CHAR(bil_1) 
    ||', terkecil adalah : ' || TO_CHAR(bil_2)); 
    ELSE
    DBMS_OUTPUT.PUT_LINE('Bilangan tebesar adalah : ' || TO_CHAR(bil_2) 
    ||', terkecil adalah : ' || TO_CHAR(bil_1)); 
    END IF;
    END;

    3. Contoh percabangan dengan Tiga kondisi
    - Menentukan sebuah bilangan Bulat apakah termasuk kedalam bilangan 
    Genap atau Ganjil
    -----------------------------------------------------------------------
    SET SERVEROUTPUT ON
    DECLARE
    bil INTEGER := -9;
    BEGIN
    IF MOD(bil,2)=0 THEN
    DBMS_OUTPUT.PUT_LINE(TO_CHAR(bil)|| ' adalah bilangan Genap');
    ELSIF MOD(bil,2)=1 THEN
    DBMS_OUTPUT.PUT_LINE(TO_CHAR(bil)|| ' adalah bilangan Ganjil'); 
    ELSE
    DBMS_OUTPUT.PUT_LINE('Bilangan tsb adalah Bilangan negatif');
    END IF;
    END;

    - Menentukan bilangan terbesar dan terkecil dari sebuah bilangan bulat 
    -----------------------------------------------------------------------
    SET SERVEROUTPUT ON
    DECLARE
    bil_1 INTEGER;
    bil_2 INTEGER;
    BEGIN
    bil_1 := 300;
    bil_2 := 200;

    IF bil_1 > bil_2 THEN
    DBMS_OUTPUT.PUT_LINE('Bilangan tebesar adalah : ' || TO_CHAR(bil_1) 
    ||', terkecil adalah : ' || TO_CHAR(bil_2)); 
    ELSIF bil_1 > bil_2 THEN
    DBMS_OUTPUT.PUT_LINE('Bilangan tebesar adalah : ' || TO_CHAR(bil_2) 
    ||', terkecil adalah : ' || TO_CHAR(bil_1)); 
    ELSE
    DBMS_OUTPUT.PUT_LINE('Bilangan ke-1 dan 2 adlh sama yaitu : '||bil_1);
    END IF;
    END;