Thursday, January 23, 2014

Interaksi Manusia dan Komputer *IMK

Jelaskan perbedaan antara Evaluasi dengan Penanganan kesalahan ?

Evaluasi digunakan untuk melihat apakah hasil rancangan dengan proses uji coba system yang telah dibuat sesuai dengan permintaan pengguna.
Sedangkan penanganan kesalahan adalah menangani kesalahan-kesalahan yang terdapat di system agar system tersebut berjalan dengan baik.

Jelaskan konsep Rapid prototyping ?

Prototipe awal berfungsi sebagai bukti konsep untuk klien, tetapi lebih penting berfungsi sebagai titik berbicara dan alat untuk kebutuhan pemurnian.
Rapid Prototyping (RP) dapat didefinisikan sebagai metode-metode yang digunakan untuk membuat model berskala (prototipe) dari mulai bagian suatu produk (part) ataupun rakitan produk (assembly) secara cepat dengan menggunakan data Computer Aided Design (CAD) tiga dimensi.
Jenis dari Prototyping ada dua :
1.Prototipe jenis I: sesungguhnya akan menjadi sistem operasional
2.Prototipe jenis II: merupakan suatuy model yyang dapat dibuang yang berfungsi bagi sistem operasional.
Karakteristik metode prototyping meliputi langkah-langkah :
1.Pemilahan fungsi 2. Penyusunan Sistem Informasi 3. Evaluasi 4. Penggunaan Selanjutnya
konsep prototyping meliputi
1.Perancangan Model 2. Perancangan Dialog 3. Simulasi
Keuntungan dari prototipe
1.Menghasilkan syarat yang lebih baik dari produksi yang dihasilkan oleh metode ‘spesifikasi tulisan’.
2.User dapat mempertimbangkan sedikit perubahan selama masih bentuk prototipe.
3.Memberikan hasil yang lebih akurat dari pada perkiraan sebelumnya, karena fungsi yang diinginkan dan kerumitannya sudah dapat diketahui dengan baik.
4.User merasa puas. Pertama, user dapat mengenal melalui komputer. Dengan melakukan prototipe (dengan analisis yang sudah ada), user belajar mengenai komputer dan aplikasi yang akan dibuatkan untuknya. Kedua, user terlibat langsung dari awal dan memotivasi semangat untuk mendukung analisis selama proyek berlangsung.

Analisis tentang Konsep desaign dan jelaskan perbedaan teknik Koding serta typografi ?

Proses -> eksekusi -> hasil
Konsep Desain adalah dasar pemikiran desainer didalam usahanya memecahkan tuntutan desain maupun problem desain.Dalam dunia komputer, kata ini dapat diartikan bahwa gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog yang efektif antara manusia dengan komputer.
Tujuan konsep design menghadirkan kesan merasa senang melihat ruang atau apapun yg kita design
Kejelasan
• Setiap elemen dalam sebuah antarmuka harus
memiliki alasan untuk berada di sana
- Membuat alasan yang jelas juga!
• Kurang lebih
• Putih ruang
Konsistensi
Prinsip dan unsur desain  Unsur dalam desain  grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-  unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form),  tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar  desain  visual.
Peralatan desain grafis  Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis  adalah akal, mata, tangan, alat-alat
Teknik Koding 
adalah menerjemahkan persyaratan logika dari pseudocode atau diagram alur ke dalam suatu bahasa pemograman baik huruf, angka, dan simbol yang membentuk program.
Tipografi
Tipografi merupakan suatu tehnik dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

Jelaskan tentang Analisis Tugas dan berikan contoh perbedaan dengan Analisis Berbasis Pengetahuan ?

Analisa Tugas adalah Proses menganalisis dan menggambarkan bagaimana manusia melaksanakan tugas / pekerjaannya, apa saja yang dilakukan / peralatan apa yang digunakan dan hal-hal apa saja yang perlu diketahui.
1. Keluarkan penghisap debu
2. Sesuaikan semua alat yang harus ditancapkan
3. Bersihkan ruangan
3.1 Bersihkan ruang utama
3.2 Bersihkan ruang tamu
3.3 Bersihkan kamar tidur
4. Jika kotak debu sudah penuh, kososngkan
5. Letakan penghisap debunya dan segala peralatan pembantunya
PERENCANAAN
Rencana 0 : kerjakan 1-2-3-5 dalam urutan
Ketika kotak debu penuh, kerjakan 4
Rencana 3 : kerjakan sembarang dari 3.1, 3.2, atau 3.3 dalam sembarang urutan tergantung pada ruang mana yang butuh dibersihkan

Contoh penerapan Analisis Berbasis Pengetahuan
Hewan digolongkan menjadi invertebrata dan vertebrata.
Hewan vertebrata adalah ikan, burung, reptil, amfibi, mamalia dan seterusnya
Tujuannya adalah untuk memahami pengetahuan (knowledge) yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas dan dapat digunakan untuk membantu membuat materi dan menilai jumlah pengetahuan pada tugas yang berbeda.

Sebutkan dan jelaskan tentang macam2 kapasitas dalam Manusia?

 Pengindraan
# Penglihatan
Konsep penglihatan terdiri dari 2 tahap:
- penerimaan stimulus dari luar secara fisik
- pemrosesan serta interpretasi dari stimulus tersebut
# Pendengaran
Dapat mendengar objek apa saja yang ada di sekitar dan mempoerkirakan kemana objek tersebut akan berpindah
# Peraba
- Manusia menerima stimuli melalui kulit. kulit memiliki 3 jenis sensor penerima:
* Thermocheptor : merespon panas / dingin.
* Nocicheptor : merespon pada tekanan yang intens
* Mechanoceptor : Merespon pada tekanan IMK

Sistem Motor
Pada kapasitas manusia digunakan sebagai pengolah informasi yang diterima oleh alat indera, yang menangkap sinyal dan mentransmisikannya ke processing unit di otak dengan tempat penyimpanan. Hasil dari proses berupa output respon. Kapasitas yang dimiliki manusia untuk menerima input dan menghasilkan output terbatas.

Memori
- STM : Memori Jangka pendek ini dapat menyimpan dalam waktu yang singkat / sementara pada saat sedang melakukan suatu pekerjaan. Memori jangka pendek ini dapat diakses dengan cepat , serta memiliki kapasitas yang tebatas.
- LTM : Memori jangka panjang memiliki kapasitas yang besar, dan waktu akses lebih lambat.
Proses kognitif
Merupakan proses yang terlibat dalam pembuatan desain, diantaranya :
Atensi Pilih
Pembelajaran
Menyelaesaikan Masalah
Bahasa

Analisis Tentang Interaksi Manusia dan Komputer dan prinsip usability dalam IMK ?

Interaksi manusia dan komputer (bahasa Inggris: human–computer interactionHCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antaramanusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik
Sub bidang studi interaksi manusia dengan komputer
Ada tiga sub-bidang studi yang berhubungan dengan interaksi dengan komputer :[3]
Ergonomi dimana interaksi manusia-komputer berkaitan dengan bentuk fisik dari mesin.
Metodologi dan proses yang digunakan dalam perancangan sebuah antarmuka.
Media antarmuka manusia dan komputer
Media Tekstual Adalah ”bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang menarik”
Media GUI (Graphical User Interface) Adalah ”bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif”
Tujuan interaksi manusia dengan komputer
untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer
Prinsip Usability Pada mata kuliah interaksi manusia dan komputer adalah suatu masalah optimasi penggunaan sistem oleh pengguna
Pada Prinsip Usability terdapat hal-hal yang harus diperhatikan diantaranya :
1. Human Ability atau dalam Bahasa Indonesia adalah suatu kemampuan manusia untuk melakukan sesuatu yang dimilikinya
2. Human Capabilities
Human Capabilities hampir sama dengan Human Ability tetapi Human Capabilities lebih mengarah ke anggota Penginderaan / Panca indra (Mata, Telinga, Peraba) pada manusia itu sendiri.
3. Memori,
Memori adalah suatu tempat atau wadah untuk menyimpan data atau informasi. 
4. Observations
Orang lebih fokus untuk menyelesaikan masalah, tidak untuk belajar menggunakan suatu sistem secara efektif.
5. Problem Solving. Problem Solving atau yang biasa kita kenal Penyelesaian masalah, penyelesaian masalah pada IMK ini setelah penyimpanan di LTM, kemudian diaplikasikan.
Penalaran (Reasoning)

No comments:

Post a Comment