Friday, January 17, 2014

Pengembangan Sistem Informasi

1. Dalam SDLC pada tahapan perencanaan sistem, sebutkan langkah2 yang dilakukan analis !
• Merencanakan proyek2 sistem
• Mempersiapkan proyek2 sistem yang dikembangkan
• Mendefinisikan proyek2 sistem2 yang dikembangnkan
2. Nama kelompok, judul pengembangan sistem , ceritain bentuk pengembangan sistemnya!!
Akramin,andhika,rahmansyah,taufan
Judul : pengembangan sistem informasi pada counter pulsa sinarta
Sistem lama : pengisian saldo mendatangi distributor, dalam pencatatan transaksi masih manual mencatat pada buku akuntansi
Sistem baru : membangun server pulsa, menjadi distributor, menjual pulsa dibawah harga pasaran
3. Sebut & Jelas 2 pendkatan sistem yg klian tau berdasarkan klmpoknya!
• Metodologi yg dgunakan
-Pendekatan klasik , metodologi pengembangan sistem dgn mengikuti tahap2 dlm SDLC
-Pendekatan terstruktur, metodologi pengembangan sistem dgn mengerakan tolls dan teknik yang d btuhkan dlm pngembangan sistem.
• Sasaran yang dicapai
-pendektan sepotoong, pendkatan pengembangan sistem dgn menekankan pd satu aplkasi tertentu tanpa memperlihatkan posisi/sasaran sistem infromasinya secara global.
-pndkatan sistem/ pndkatan pengembangan sistem dengan memperhatikan sistem informasi sebagai satu ksatuan terintegrasi dan menekankan sasaran scara global.
4. Didalam proses pngembangan sistem dperlukan developmen team dan developmen toolkit. Jelaskan maksd dari 2 developt itu !!
Development  team adalah orang-orang yang mempunyai  peran  penting  dalam  pengembangan  sistem.
Development  toolkit  adalah  alat atau cara yang digunakan pengembang dalam  mengembangkan sistem.
5. Apa yg klian ktahui tentang pngembangan sistem? Apa alasa dn tjuan dlakukan pengembangan sitm?
Pengembangan sistem adalah mnyusun suatu sistem yang baru untk menggantikan suatu sistem yang lama secara keseluruhan/sbagian utuk memperbaiki sistem yg telah ada/berjln.
Alasan pngembngan sistem :
- Adalanya permasalahan : adanya ketidakbenaran/ketidakberesan dlm suatu organisasi
- Untk meraih kesempatan2 (persaingan bisnis dll)
- Adanya instruksi dr pimpinan
6. Sbtukan komponen2 yg terlibat dlm pengembangan sitem informasi dan jelskan tgas dari masing2 komponen tsb !!
• Manajer : orang yang memberi instruksi dan persetujuan pengembangan sistem
• Analis : orang yang menganalisis sistem (mempelajari masalah-masalah yang timbul dan menetukan kebutuhan-kebutuhan pemakai sistem) untuk mengidentifikasikan pemecahan yang beralasan.
• Programmer : orang yang menulis kode program untuk suatu aplikasi tertentu berdasarkan rancang bangun yang telah dibuat oleh analis sistem.
• User : orang yang menggunakan hasil implementasi pengembangan sistem.
7. Apa pntingnya sbuah dokumentasi atau laporan dlm pengembangan sistem bagi seorang sistem analis !!
Untuk melihat sistem2 terdahulu, berbagai permasalahanya, dan untuk selanjtya bisa dijadikan patokan untuk pengembangan sistem berikutnyna.
8. Apa yang dmksd dengan analis sistem dan apa tjuan dilakukanya analiss sistem pada pengembangan sistem!!
Analis sistem adalah penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh menjadi bagian2 komponen dengan maksud mengindentifikasi dan mengevaluasi permasalahan2, kesempatan2, hambatan2, yang terjadi & kebutuhan2 yang d harapkan, sehingga dpt diusulkan perbaikan2nya..
Tujuanya : menemukan kelemahan2 dr sistem yang berjalan, sehingga dpt diusulkan perbaikanya.
9. Model Konversi Langsung
10. Sebuah tahap2an didlm pengembangan sistem ! dan menurut pndpat kamu sbgai sistem analis tahapan amana yg paling kritis dlm pngembangan sistem bagi seorang sistem analis?
Tahap SDLC : perencanaan > analisis > design> implementasi
Tahap paling kritis tahap analisis. karena apabila pada tahap ini terjadi kesalahan maka ditahap berikutnya juga terjadi kesalahan.
11. Apa hubunganya metode, teknik dan tool d dlm pengembangan sistem informasi. Jelaskan~~
Metode : model tahapan proses pengembangan sistem
Teknik : pendekatan sistem yang dilakukandalam tahapan proses pengembangan sistem.
Tools : alat bantu atau pendukung untuk metode dan teknik dalam proses pengembangan sistem.
12. 2 Faktor kelayakan
Telos : faktor-faktor kelayakan (feasibility factors) yang berkaitan dengan kemungkinan berhasilnya sistem informasi yang dikembangkan dan digunakan
PDM : faktor-faktor strategis (strategic factors) yang berkaitan dengan pendukung sistem informasi dari sasaran bisnis dipertimbangkan untuk setiap proyek yang diusulkan.
Perbedaannya : Faktor Kelayakan berbasis pada sistemnya, Faktor Strategis berbasis pada usernya.
13. Dalam SDLC pada thapan analis sistem, jelkan langkah2 yg harus dlakukan oleh seorang analis sistm
-Identify , mengidentifikasi masalah
-Understand, memahami kerja sistem yg ada
-Analyze, menganalisis msalah
-Report, membuat laporan hasil analisis
14. Metodologi yang digunakan adalah RAD dan teknik pendekatannya menggunakan pendekatan klasik karena pada metod prototyping Lebih mengurangi waktu dalam pengembangan sistem sesuai yang perusahaan alami deadline pada waktu kenapa menggunakan pendekatan klasik karena pendekatan klasik menggunakan sistem sdlc
15. Metodologi Prototyping
Kelebihan: Lebih menghemat waktu dalam pengembangan sistem
Kekurangan: menggunakan algoritma dan bahasa pemrograman sederhana.
Metodologi RAD
Kelebihan: Jika terdapat error dapat dideteksi sejak dini
Kekurangan: Rawan kesalahan dalam problem solving karena lemah disisi analisis.
Metodologi XP
Kelebihan: kesederhanaan dalam pengkodean
Kekurangan: Tidak bisa membuat kode yang detail di awal
16. Mendefinisikan proyek-proyek dikembangkan dilakukan oleh analis sistem:
• Mengidentifikasi kembali ruang lingkup dan sasaran proyek sistem.
• Melakukan study kelayakan.
• Menilai kelayakan proses sistem.
• Membuat usulan proyek sistem.
• Meminta persetujuan manajemen.
17.
Perbedaan : waterfall yang dimodifikasi jika terjadi kesalahan dapat langsung mengulang ke proses yang salah, tetapi jika waterfall clasic jika terjadi kesalahan harus mengulang dari awal.
18. Jelaskan 3 Konversi Sistem ddlm pengmbangan sistem informasi
-Konversi Langsung. : Sistem lama tidak digunakan lagi melainkan langsung pengimplementasian sistem baru.
-Konversi Paralel : Sistem lama dan sistem baru beroperasi secara serentak dengan peride waktu tertentu.
-Konversi Phase-in : Sistem baru diimplementasikan beberapa kali yang secara perlahan mengganti sistem yang lama.

-Konversi Pilot : Hanya sebagian dari organisasi mencoba mengmbangkan sistem baru. Sebelum sistem baru diimplementasikan ke seluruh organisasi, sistem pilot ini harus membuktikan di tempat pengujian tersebut.

No comments:

Post a Comment