Wednesday, April 2, 2014

Etika Profesi Web Designer

Web Designer menurut saya adalah proses dalam menciptakan setiap halaman web dari suatu operasi situs web yang bertujuan untuk memuaskan pengguna/user dalam melihat tampilan dan cita rasa web tersebut. Dan aspek yang mencangkup pada design web antara lain menciptakan animasi dan grafik, pemilihan warna ,grafik dan font.
Web Desainer wajib mempunyai

1. Penguasaan cita rasa seni.
Mengeksplorasi Imajinasinya dan menggali cita rasa seninya yang dituangkan kedalam halaman web.
Mampu memilih warna yang baik dan memadukannya dengan warna yang lainsehingga menciptakan pepaduan warna yang serasi.
Mampu membuat bentuk atau skeysa yang baik dari bentuk  halaman web.
Mampu menggabukan imajinasi atau ide original dan menggabungkannya dari pihak client.
Mampu menempatkan komponen multimedia pada bagian-bagian tertentu sehingga halaman web lebih menarik.
2. Penguasaan tool pendukung perancangan web.
Program aplikasi pengatur layout web-Macromedia dreamweaver,Ms.Frontpage,edit plus,php dll.
Program aplikasi pembuat animasi-Macromedia Flash ,Swish.
Program aplikasi pembuat design grafis-Photoshop, Corel ,Paint dll.
3. Penguasaan membuat Interface
4. Penguasaan Bahasa pemrograman

Sertifikasi
sertifikasi di Bidang Computer, Graphics Web untuk seseorang yang ahli di bidang grafis dan animasi 3D dengan menguasai aplikasi Maya. Maya mengintegrasikan teknologi render tingkat lanjut, visual effect, animasi, dan modeling yang banyak digunakan developer, maupun Web Designer dalam pembuatan film, game, maupun content Web yang banyak menggunakan animasi 3D.
Certified Internet Web Master ( CIW ) adalah sertifikasi yang menguji penguasaan dasar teknologi Internet, seperti Web browser, FTP dan e-mail, Web page authoring menggunakan XHTML, dasar-dasar infrastuktur jaringan, dan manajemen proyek. Sertifikasi ini ditujukan bagi mereka yang bekerja sebagai business development, advertising, dan sales.

Kode Etik Profesi 
kode etik dalam profesi Web Designer ini yaitu Kode Etik / bisa disebut sebagai pembuatan dalam Web / baik yang menggunakan Web dalam konteks Moral dan Etika di dalam, yang dimaksud yaitu dimana baik programer yang membuat Web Project Designer dan programer-programer lainya agar tidak membobol data di dalamnya, terakhir seorang web disign harus membuat desaign yang sangat simple dan mudah di mengerti dan di gunakan, agar user tidak bingung dalam mengoprasikannya

Berikut adalah bagian hal yang harus dipahami oleh seorang web designer:
Client-side scripting: JavaScript
Server-Side scripting: PHP, ASP, dsb.
Cascading Style Sheets
HTML
Manipulasi image : Adobe Photosop, GIMP, Corel Draw, dsb.
Animasi, biasanya berupa flash.

Web designer biasanya bekerja dalam tim untuk memastikan sebuah tampilan website dapat membuat aplikasi web bekerja dengan baik. Keterampilan tambahan berupa komunikasi, tentu akan menjadi sangat berguna bagi para web designer.
     Sisi lain yang juga harus dipahami oleh web designer adalah usability / kegunaaan, standar W3C untuk HTML dan CSS dan kompabilitas tampilan pada browser yang berbeda.


No comments:

Post a Comment