Sunday, June 1, 2014

Kode Etik Programmer

Etika berasal dari bahasa Yunani Ethos, yang berarti karakter.
Etika adalah satu set kepercayaan, standar, atau pemikiran yang mengisi suatu individu, kelompok atau masyarakat. Semua individu bertanggung jawab kepada masyarakat atas prilaku mereka. Masyarakat dapat berupa suatu kota, negara atau profesi.

Programmer adalah individu yang bertugas dalam hal rincian implementasi, pengemasan, dan modifikasi algoritma serta struktur data, dituliskan dalam sebuah bahasa pemrograman tertentu.dekripsi pekerjaan:
a. Menulis program (coding) dengan menggunakan pemograman tertentu ( VB, VB.NET, Java ).
b. Memahami konsep basis data.
c. Mampu mengoperasikan aplikasi basis data.    
d. Melakukan pengujian terhadap aplikasi program. Dll.

Kode etik programer

  1. Seorang programmer tidak boleh membuat atau mendistribusikan Malware. 
  2. Seorang programmer tidak boleh menulis kode yang sulit diikuti dengan sengaja. 
  3. Seorang programmer tidak boleh menulis dokumentasi yang dengan sengaja untuk membingungkan atau tidak akurat. 
  4. Seorang programmer tidak boleh menggunakan ulang kode dengan hak cipta kecuali telah membeli atau telah meminta izin. 
  5. Tidak boleh mencari keuntungan tambahan dari proyek yang didanai oleh pihak kedua tanpa izin 
  6. Tidak boleh mencuri software khususnya development tools.
  7. Tidak boleh menerima dana tambahan dari berbagai pihak eksternal dalam suatu proyek secara bersamaan kecuali mendapatkan izin. 
  8. Tidak boleh menulis kode yang dengan sengaja menjatuhkan kode programmer lain untuk mengambil keuntungan dalam menaikkan status.       
  9. Tidak boleh membeberkan data-data penting karyawan dalam perusahaan.   
  10. Tidak boleh memberitahu masalah keuangan pada  pekerja  dalam pengembangan suatu proyek. 
  11. Tidak pernah mengambil keuntungan dari pekerjaan orang lain.   
  12. Tidak boleh mempermalukan profesinya.   
  13. Tidak boleh secara asal-asalan menyangkal adanya bug dalam aplikasi. 
  14. Tidak boleh mengenalkan bug yang ada di dalam software yang nantinya programmer akan mendapatkan keuntungan dalam membetulkan bug. 
  15. Terus mengikuti pada perkembangan ilmu komputer.programmer harus mematuhi “Golden Rule”:  Memperlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin   diperlakukan. Jika semua programmer mematuhi peraturan ini, maka tidak akan ada masalah dalam komunitas.


Faktor  yang Mempengaruhi Produk & Produktifitas Programer

  1. Kemampuan pribadi ,Dua aspek dasar kemampuan : kecakapan umum dan terbiasa dengan aplikasi tertentu. 
  2. Komunikasi team 
  3. Kerumitan produk,Tiga level kerumitan produk : program aplikasi, program utility, program level sistem. 
  4. Notasi yang tepat, penetapan notasi antar programer (baca : perancang produk) harus dilakukan sehingga dapat dimengerti dengan jelas.
  5. Pendekatan sistematis 
  6. Kendali perubahan 
  7. Tingkat teknologi   
  8. Tingkat keandalan   
  9. Pemahaman permasalahan  
  10. Ketersediaan waktu   
  11. Persyaratan keterampilan 
  12. Fasilitas dan sumber daya, berkaitan dengan motivasi programmer misalnya : mesin yang baik, serta tempat yang tenang, atau ruang kerjanya dapat ditata secara pribadi. 
  13. Pelatihan yang cukup 
  14. Kemampuan manajemen 
  15. Peningkatan kualitas

Kewajiban programer

  1. Memahami konsep dasar sistem operasi, Dengan mengetahui struktur internal sistem operasi (misalnya Linux), programmer dapat mengetahui berbagai pertimbangan dalam merancang aplikasi besar yang terus berkembang. 
  2. Memahami konsep dasar jaringan 
  3. Memahami konsep dasar relational database 
  4. Memahami protokol HTTP, FTP, POP3, SMTP, SSH. Protokol HTTP sekarang adalah protokol yang paling banyak digunakan di internet.
  5.  Memahami konsep dasar sistem operasi, Dengan mengetahui struktur internal sistem operasi (misalnya Linux), programmer dapat mengetahui berbagai pertimbangan dalam merancang aplikasi besar yang terus berkembang. 
  6. Memahami konsep dasar jaringan 
  7. Memahami konsep dasar relational database 
  8. Memahami protokol HTTP, FTP, POP3, SMTP, SSH. Protokol HTTP sekarang adalah protokol yang paling banyak digunakan di internet.

Sikap Programer  Terhadap Klien

  1. Mempunyai sikap & kepribadian baik, komunikatif, mudah beradaptasi dengan lingkungan  kerja, cekatan & fleksibel. 
  2. Mampu bekerja berorientasi jadwal, mengatur pekerjaan multiple project dan bekerja sama dalam team. 
  3. Membuat kontrak kerja dengan klien. 
  4. Menyukai dan mengerti dasar-dasar pemrograman 
  5. Membuat program yang mudah diterima oleh klien atau calon klien.


No comments:

Post a Comment