Sunday, April 6, 2014

PHP

Looping

<?php
$tanda = "*";
for ($i=1; $i<=5; $i++) {
for ($j=1; $j<=$i; $j++) {
echo $tanda;
}
echo "<br/>";
}
?>

Output :

*
**
***
****
*****



Genap Ganjil

<?php
$bilangan=20;
if ($bilangan %2 == 0)
{
echo "$bilangan adalah bilangan genap";
}
else
{
echo "$bilangan adalah bilangan ganji";
}
?>

Output :

20 adalah bilangan genap

Kata dan Angka

<?php
$kata ="LABSI 2013";
$angka1=20;
$angka2=10;
echo 'echo dengan kutipan satu :| $kata | $angka1 | $angka2 | $angka1 * $angka2 <br/>';
echo "echo dengan kutipan dua :| $kata | $angka1 | $angka2 | $angka1 * $angka2 <br/>";
echo $kata;
echo "<br/>";
echo $angka1*$angka2;
echo "</br/>";
echo "$angka1*$angka2=".$angka1*$angka2."<br/>";
?>

Output :

echo dengan kutipan satu :| $kata | $angka1 | $angka2 | $angka1 * $angka2
echo dengan kutipan dua :| LABSI 2013 | 20 | 10 | 20 * 10
LABSI 2013
200
20*10=200


amy php lab pertemuan 1 ganjil genap looping
gunadarma.

Wednesday, April 2, 2014

Etika Profesi Web Designer

Web Designer menurut saya adalah proses dalam menciptakan setiap halaman web dari suatu operasi situs web yang bertujuan untuk memuaskan pengguna/user dalam melihat tampilan dan cita rasa web tersebut. Dan aspek yang mencangkup pada design web antara lain menciptakan animasi dan grafik, pemilihan warna ,grafik dan font.
Web Desainer wajib mempunyai

1. Penguasaan cita rasa seni.
Mengeksplorasi Imajinasinya dan menggali cita rasa seninya yang dituangkan kedalam halaman web.
Mampu memilih warna yang baik dan memadukannya dengan warna yang lainsehingga menciptakan pepaduan warna yang serasi.
Mampu membuat bentuk atau skeysa yang baik dari bentuk  halaman web.
Mampu menggabukan imajinasi atau ide original dan menggabungkannya dari pihak client.
Mampu menempatkan komponen multimedia pada bagian-bagian tertentu sehingga halaman web lebih menarik.
2. Penguasaan tool pendukung perancangan web.
Program aplikasi pengatur layout web-Macromedia dreamweaver,Ms.Frontpage,edit plus,php dll.
Program aplikasi pembuat animasi-Macromedia Flash ,Swish.
Program aplikasi pembuat design grafis-Photoshop, Corel ,Paint dll.
3. Penguasaan membuat Interface
4. Penguasaan Bahasa pemrograman

Sertifikasi
sertifikasi di Bidang Computer, Graphics Web untuk seseorang yang ahli di bidang grafis dan animasi 3D dengan menguasai aplikasi Maya. Maya mengintegrasikan teknologi render tingkat lanjut, visual effect, animasi, dan modeling yang banyak digunakan developer, maupun Web Designer dalam pembuatan film, game, maupun content Web yang banyak menggunakan animasi 3D.
Certified Internet Web Master ( CIW ) adalah sertifikasi yang menguji penguasaan dasar teknologi Internet, seperti Web browser, FTP dan e-mail, Web page authoring menggunakan XHTML, dasar-dasar infrastuktur jaringan, dan manajemen proyek. Sertifikasi ini ditujukan bagi mereka yang bekerja sebagai business development, advertising, dan sales.

Kode Etik Profesi 
kode etik dalam profesi Web Designer ini yaitu Kode Etik / bisa disebut sebagai pembuatan dalam Web / baik yang menggunakan Web dalam konteks Moral dan Etika di dalam, yang dimaksud yaitu dimana baik programer yang membuat Web Project Designer dan programer-programer lainya agar tidak membobol data di dalamnya, terakhir seorang web disign harus membuat desaign yang sangat simple dan mudah di mengerti dan di gunakan, agar user tidak bingung dalam mengoprasikannya

Berikut adalah bagian hal yang harus dipahami oleh seorang web designer:
Client-side scripting: JavaScript
Server-Side scripting: PHP, ASP, dsb.
Cascading Style Sheets
HTML
Manipulasi image : Adobe Photosop, GIMP, Corel Draw, dsb.
Animasi, biasanya berupa flash.

Web designer biasanya bekerja dalam tim untuk memastikan sebuah tampilan website dapat membuat aplikasi web bekerja dengan baik. Keterampilan tambahan berupa komunikasi, tentu akan menjadi sangat berguna bagi para web designer.
     Sisi lain yang juga harus dipahami oleh web designer adalah usability / kegunaaan, standar W3C untuk HTML dan CSS dan kompabilitas tampilan pada browser yang berbeda.


Thursday, March 6, 2014

ETIKA dan PROFESIONAL

ETIKA menurut saya adalah tata cara berbicara atau mengutarakan sesuatu seperti sopan dalam berbicara dan bertingkah laku.
Istilah Etika berasal dari bahasa Yunani kuno. Bentuk tunggal kata 'etika' yaitu ethos sedangkan bentuk jamaknya yaitu ta etha. Ethos mempunyai banyak arti yaitu : tempat tinggal yang biasa, padang rumput, kandang, kebiasaan/adat, akhlak,watak, perasaan, sikap, cara berpikir. Sedangkan arti ta etha yaitu adat kebiasaan.

Arti dari bentuk jamak inilah yang melatar-belakangi terbentuknya istilah Etika yang oleh Aristoteles dipakai untuk menunjukkan filsafat moral. Jadi, secara etimologis (asal usul kata), etika mempunyai arti yaitu ilmu tentang apa yang biasa dilakukan atau ilmu tentang adat kebiasaan (K.Bertens, 2000).

Biasanya bila kita  mengalami kesulitan untuk memahami arti sebuah kata maka kita akan mencari arti kata tersebut dalam kamus. Tetapi ternyata tidak semua kamus mencantumkan arti dari sebuah kata secara lengkap. Hal tersebut dapat kita lihat dari perbandingan yang dilakukan oleh K. Bertens terhadap arti kata  'etika'   yang terdapat dalam Kamus Bahasa Indonesia yang lama dengan Kamus Bahasa Indonesia yang baru. Dalam Kamus Bahasa Indonesia yang lama (Poerwadarminta, sejak 1953 - mengutip dari Bertens,2000), etika mempunyai arti sebagai : "ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlak (moral)". Sedangkan kata ‘etika’ dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang baru (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1988 - mengutip dari Bertens 2000), mempunyai arti :

     1. ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral(akhlak);

     2. kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak;

     3. nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat.

Dari perbadingan kedua kamus tersebut terlihat bahwa dalam Kamus Bahasa Indonesia yang lama  hanya terdapat satu arti saja yaitu etika sebagai ilmu. Sedangkan Kamus Bahasa Indonesia yang baru memuat beberapa arti. Kalau kita misalnya sedang membaca sebuah kalimat di berita surat kabar "Dalam dunia bisnis etika merosot terus" maka kata ‘etika’ di sini bila dikaitkan dengan arti yang terdapat dalam Kamus Bahasa Indonesia yang lama tersebut tidak cocok karena maksud dari kata ‘etika’ dalam kalimat tersebut bukan etika sebagai ilmu melainkan ‘nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat’. Jadi arti kata ‘etika’ dalam Kamus Bahasa Indonesia yang lama tidak lengkap.

K. Bertens berpendapat bahwa arti kata ‘etika’ dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia tersebut dapat lebih dipertajam dan susunan atau urutannya lebih baik dibalik, karena arti kata ke-3 lebih mendasar daripada arti kata ke-1. Sehingga arti dan susunannya menjadi seperti berikut :

1. nilai dan norma moral yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya.
        Misalnya, jika orang berbicara tentang etika orang Jawa, etika agama Budha, etika Protestan dan sebagainya, maka yang dimaksudkan etika di sini bukan etika sebagai ilmu melainkan etika sebagai sistem nilai. Sistem nilai ini bisaberfungsi dalam hidup manusia perorangan maupun pada taraf sosial.

2. kumpulan asas atau nilai moral.
        Yang dimaksud di sini adalah kode etik. Contoh : Kode Etik Jurnalistik

3. ilmu tentang yang baik atau buruk.
        Etika baru menjadi ilmu bila kemungkinan-kemungkinan etis (asas-asas dan  nilai-nilai tentang yang dianggap baik dan buruk) yang begitu saja diterima dalam suatu masyarakat dan sering kali tanpa disadari menjadi bahan refleksi bagi suatu penelitian sistematis dan metodis. Etika di sini sama artinya dengan filsafat moral

Profesional menurut saya lebih cendrung dalam melakukan suatu pekerjaan dimana saat kita melakukan pekerjaan harus melakukan dengan baik dan benar seperti seorang ahlinya.
Untuk mencapai sukses dalam bekerja, seseorang harus mampu bersikap profesional. Profesional tidak hanya berarti ahli saja. Namun selain memiliki keahlian juga harus bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahlian yang dimilikinya tersebut. Seorang profesional tidak akan pernah berhenti menekuni bidang keahlian yang dimiliki. Selain itu, seorang  profesional juga harus selalu melakukan inovasi serta mengembangkan kemampuan yang dimiliki supaya mampu bersaing untuk tetap menjadi yang terbaik di bidangnya.


Berikut ini adalah pengertian dan definisi profesional

# KUSNANTO
Profesional adalah seseorang yang memiliki kompetensi dala suatu pekerjaan tertentu

# KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA
Profesional bersangkutan dengan profesi yang memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya

# DARYL KOEHN
Profesional adalah orang yang memberikan pelayanan kepada klien

# AHOLIAB WATLOLY
Profesional adalah orang yang berdisiplin dan menjadi "kerasan" dalam pekerjaannya

# OERIP S. POERWOPOESPITO
Profesional merupakan sikap yang mengacu pada peningkatan kualitas profesi

# LISA ANGGRAENY
Profesional merupakan suatu tuntutan bagi seseorang yang sedang mengemban amanahnya agar mendapatkan proses dan hasil yang optimal

# BUDY PURNAWANTO
Profesional merupakan bagian dari proses, fokus kepada output, dan berorientasi ke customer

# HARY SUWANDA
Profesional adalah seorang yang benar-benar ahli di bidangnya dan mengandalkan keahliannya tersebut sebagai mata pencahariannya

# A. PRASETYANTOKO
Profesional adalah elemen individuao yang meletak dalam rangkaian besar mesin kapitalisme

# TANRI ABENG (2002)
Seorang profesional harus mampu menguasai ilmu pengetahuannya secara mendalam, mampu melakukan kerativitas dan inovasi atas bidang yang digelutinya serta harus selalu berfikir positif dengan menjunjung tinggi etika dan integritas profesi

sumber :
http://carapedia.com/pengertian_definisi_profesional_info2140.html
http://www.ut.ac.id/html/suplemen/ipem4430/etika21.htm

Thursday, January 23, 2014

Interaksi Manusia dan Komputer *IMK

Jelaskan perbedaan antara Evaluasi dengan Penanganan kesalahan ?

Evaluasi digunakan untuk melihat apakah hasil rancangan dengan proses uji coba system yang telah dibuat sesuai dengan permintaan pengguna.
Sedangkan penanganan kesalahan adalah menangani kesalahan-kesalahan yang terdapat di system agar system tersebut berjalan dengan baik.

Jelaskan konsep Rapid prototyping ?

Prototipe awal berfungsi sebagai bukti konsep untuk klien, tetapi lebih penting berfungsi sebagai titik berbicara dan alat untuk kebutuhan pemurnian.
Rapid Prototyping (RP) dapat didefinisikan sebagai metode-metode yang digunakan untuk membuat model berskala (prototipe) dari mulai bagian suatu produk (part) ataupun rakitan produk (assembly) secara cepat dengan menggunakan data Computer Aided Design (CAD) tiga dimensi.
Jenis dari Prototyping ada dua :
1.Prototipe jenis I: sesungguhnya akan menjadi sistem operasional
2.Prototipe jenis II: merupakan suatuy model yyang dapat dibuang yang berfungsi bagi sistem operasional.
Karakteristik metode prototyping meliputi langkah-langkah :
1.Pemilahan fungsi 2. Penyusunan Sistem Informasi 3. Evaluasi 4. Penggunaan Selanjutnya
konsep prototyping meliputi
1.Perancangan Model 2. Perancangan Dialog 3. Simulasi
Keuntungan dari prototipe
1.Menghasilkan syarat yang lebih baik dari produksi yang dihasilkan oleh metode ‘spesifikasi tulisan’.
2.User dapat mempertimbangkan sedikit perubahan selama masih bentuk prototipe.
3.Memberikan hasil yang lebih akurat dari pada perkiraan sebelumnya, karena fungsi yang diinginkan dan kerumitannya sudah dapat diketahui dengan baik.
4.User merasa puas. Pertama, user dapat mengenal melalui komputer. Dengan melakukan prototipe (dengan analisis yang sudah ada), user belajar mengenai komputer dan aplikasi yang akan dibuatkan untuknya. Kedua, user terlibat langsung dari awal dan memotivasi semangat untuk mendukung analisis selama proyek berlangsung.

Analisis tentang Konsep desaign dan jelaskan perbedaan teknik Koding serta typografi ?

Proses -> eksekusi -> hasil
Konsep Desain adalah dasar pemikiran desainer didalam usahanya memecahkan tuntutan desain maupun problem desain.Dalam dunia komputer, kata ini dapat diartikan bahwa gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog yang efektif antara manusia dengan komputer.
Tujuan konsep design menghadirkan kesan merasa senang melihat ruang atau apapun yg kita design
Kejelasan
• Setiap elemen dalam sebuah antarmuka harus
memiliki alasan untuk berada di sana
- Membuat alasan yang jelas juga!
• Kurang lebih
• Putih ruang
Konsistensi
Prinsip dan unsur desain  Unsur dalam desain  grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-  unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form),  tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar  desain  visual.
Peralatan desain grafis  Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis  adalah akal, mata, tangan, alat-alat
Teknik Koding 
adalah menerjemahkan persyaratan logika dari pseudocode atau diagram alur ke dalam suatu bahasa pemograman baik huruf, angka, dan simbol yang membentuk program.
Tipografi
Tipografi merupakan suatu tehnik dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

Jelaskan tentang Analisis Tugas dan berikan contoh perbedaan dengan Analisis Berbasis Pengetahuan ?

Analisa Tugas adalah Proses menganalisis dan menggambarkan bagaimana manusia melaksanakan tugas / pekerjaannya, apa saja yang dilakukan / peralatan apa yang digunakan dan hal-hal apa saja yang perlu diketahui.
1. Keluarkan penghisap debu
2. Sesuaikan semua alat yang harus ditancapkan
3. Bersihkan ruangan
3.1 Bersihkan ruang utama
3.2 Bersihkan ruang tamu
3.3 Bersihkan kamar tidur
4. Jika kotak debu sudah penuh, kososngkan
5. Letakan penghisap debunya dan segala peralatan pembantunya
PERENCANAAN
Rencana 0 : kerjakan 1-2-3-5 dalam urutan
Ketika kotak debu penuh, kerjakan 4
Rencana 3 : kerjakan sembarang dari 3.1, 3.2, atau 3.3 dalam sembarang urutan tergantung pada ruang mana yang butuh dibersihkan

Contoh penerapan Analisis Berbasis Pengetahuan
Hewan digolongkan menjadi invertebrata dan vertebrata.
Hewan vertebrata adalah ikan, burung, reptil, amfibi, mamalia dan seterusnya
Tujuannya adalah untuk memahami pengetahuan (knowledge) yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas dan dapat digunakan untuk membantu membuat materi dan menilai jumlah pengetahuan pada tugas yang berbeda.

Sebutkan dan jelaskan tentang macam2 kapasitas dalam Manusia?

 Pengindraan
# Penglihatan
Konsep penglihatan terdiri dari 2 tahap:
- penerimaan stimulus dari luar secara fisik
- pemrosesan serta interpretasi dari stimulus tersebut
# Pendengaran
Dapat mendengar objek apa saja yang ada di sekitar dan mempoerkirakan kemana objek tersebut akan berpindah
# Peraba
- Manusia menerima stimuli melalui kulit. kulit memiliki 3 jenis sensor penerima:
* Thermocheptor : merespon panas / dingin.
* Nocicheptor : merespon pada tekanan yang intens
* Mechanoceptor : Merespon pada tekanan IMK

Sistem Motor
Pada kapasitas manusia digunakan sebagai pengolah informasi yang diterima oleh alat indera, yang menangkap sinyal dan mentransmisikannya ke processing unit di otak dengan tempat penyimpanan. Hasil dari proses berupa output respon. Kapasitas yang dimiliki manusia untuk menerima input dan menghasilkan output terbatas.

Memori
- STM : Memori Jangka pendek ini dapat menyimpan dalam waktu yang singkat / sementara pada saat sedang melakukan suatu pekerjaan. Memori jangka pendek ini dapat diakses dengan cepat , serta memiliki kapasitas yang tebatas.
- LTM : Memori jangka panjang memiliki kapasitas yang besar, dan waktu akses lebih lambat.
Proses kognitif
Merupakan proses yang terlibat dalam pembuatan desain, diantaranya :
Atensi Pilih
Pembelajaran
Menyelaesaikan Masalah
Bahasa

Analisis Tentang Interaksi Manusia dan Komputer dan prinsip usability dalam IMK ?

Interaksi manusia dan komputer (bahasa Inggris: human–computer interactionHCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antaramanusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik
Sub bidang studi interaksi manusia dengan komputer
Ada tiga sub-bidang studi yang berhubungan dengan interaksi dengan komputer :[3]
Ergonomi dimana interaksi manusia-komputer berkaitan dengan bentuk fisik dari mesin.
Metodologi dan proses yang digunakan dalam perancangan sebuah antarmuka.
Media antarmuka manusia dan komputer
Media Tekstual Adalah ”bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang menarik”
Media GUI (Graphical User Interface) Adalah ”bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif”
Tujuan interaksi manusia dengan komputer
untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer
Prinsip Usability Pada mata kuliah interaksi manusia dan komputer adalah suatu masalah optimasi penggunaan sistem oleh pengguna
Pada Prinsip Usability terdapat hal-hal yang harus diperhatikan diantaranya :
1. Human Ability atau dalam Bahasa Indonesia adalah suatu kemampuan manusia untuk melakukan sesuatu yang dimilikinya
2. Human Capabilities
Human Capabilities hampir sama dengan Human Ability tetapi Human Capabilities lebih mengarah ke anggota Penginderaan / Panca indra (Mata, Telinga, Peraba) pada manusia itu sendiri.
3. Memori,
Memori adalah suatu tempat atau wadah untuk menyimpan data atau informasi. 
4. Observations
Orang lebih fokus untuk menyelesaikan masalah, tidak untuk belajar menggunakan suatu sistem secara efektif.
5. Problem Solving. Problem Solving atau yang biasa kita kenal Penyelesaian masalah, penyelesaian masalah pada IMK ini setelah penyimpanan di LTM, kemudian diaplikasikan.
Penalaran (Reasoning)

Sistem Berbasis Pengetahuan *SBP

Analisis tentang Logika Fuzzy yang ada buat ?
Logikafuzzy adalah suatucarayang tepatuntukmemetakansuaturuanginput kedalamsuaturuangoutput.
•Contoh:
1.Manajer pergudangan mengata-kan pada manajer produksi seberapa banyak persediaan barang pada akhir minggu  ini, kemudian manajer  produksi akan menetapkan jumlah barang yang  harus diproduksi esok hari

Analisis tentang Sistem Pendukung Manajemen serta jelaskan seberapa besar system tersebut dapat digunakan sebagai Sistem Pendukung Keputusan?
Sistem Pendukung Manajemen 

-Manajemen  dan  Membuat  Keputusan
- Framework  Pendukung  Keputusan
- Teknologi  Pendukung  Keputusan

Tujuannya :
- Mendukung  kinerja  manajerial
- Mendukung  dalam membuat  keputusan
Sangat besar karena Keputusan untuk membangun sistem informasi yang dapat memenuhi kebutuhan manajemen tingkat atas. Dengan hanya mengandalkan sistem informasi manajemen tanpa  bantuan sistem pendukungnya, sulit bagi manajemen terutama di tingkat atas untuk mengambil keputusan yang strategis dan Dengan bantuan sistem pendukung yang disiapkan, maka hal ini akan lebih memungkinkan manajemen untuk mendapatkan pelaporan dan proses pengambilan keputusan yang lebih baik lagi.

Analisis tentang metode inferensi dan berikan jenis-jenis dari metode tersebut ?
Inferensi adalahProses yang digunakan dalam Sistem Pakar untuk menghasilkan informasi baru dari informasi yang telah diketahui
TREES,LATTICES DAN GRAF                             
BARIS INFERENCE (RULES OF INFERENCE)
STATE SPACE                                      
FIRST ORDER PREDICATE LOGIC
POHON AND-OR                    
LOGIC SYSTEMS = WFFS = WFF
LOGIKA DEDUKTIF DAN SILOGISME
RESOLUSI
SISTEM RESOLUSI DAN DEDUKSI     
RANGKAIAN BACKWARD DAN FORWARD
RESOLUSI DAN LOGIKA PREDIKAT FIRT ORDER

Apakah yang ada ketahui tentang konsep Ketidakpastian dan berikan sebuah Alur dari type ERROR ?
KETIDAKPASTIAN
-Disebut juga dg kekurangan informasi yg memadai untuk
mengambil keputusan

Apakah perbedaan dari Frame dan script, berikan Contoh keduanya?
Perbedaannya frame menggambarkan obyek, sedangkan script menggambarkan urutan peristiwa.
Frame dipandang sebagai struktur data static yang digunakan untuk merepsentasi-kan situasi-situasi yang telah dipahami dan stereotype.
Contoh Frame = Frame Pohon
Spesialisasi dari    : Tumbuhan
Jumlah batang       : integer (default 1)
Jenis kulit               : halus
Model daun            : jenis pohon jarum, berganti daun
Bentuk daun           : sederhana, berlekuk,campuran

Contoh Script = Script Pergi ke Restoran
Jalur (track)            : fast food restoran
Peran (roles)          : tamu, pelayan
Pendukung (prop)                : makanan, uang, serbet, garam, merica, kecap, sedotan, dll
Kondisi masukan : tamu lapar – tamu punya uang
Jadi Script menjelaskan tentang representasi terstruktur yang menggambarkan urutan stereotip dari kejadian-kejadian dalam sebuah konteks khusus

Analisis tentang Sistem Pakar dan jelaskan Sistem Pakar yang sudah anda buat kemarin ?
-Secara umum ES adalah system yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke computer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan para ahli.
Tujuan sistem pakar” adalah untuk mentransfer kepakaran yang dimiliki seorang pakar kedalam komputer dan kemudian dapat digunakan oleh orang lain yang bukan pakar.
Keuntungan ES :
-Memungkinkan orang awam bisa mengerjakan pekerjaan para ahli
-bisa melakukan proses secara berulang secara otomatis
-menyimpan pengetahuan dan keahlian para pakar
-meningkatkan output dan produktivitas
Konsep Dasar ES
-Menurut Efraim Turban, system pakar harus mengandung : keahlian, ahli, pengalihan keahlian, inferensi, aturan dan kemampuan menjelaskan.
-Permasalahan yang Disentuh oleh ES Interpretasi. Pengambilan keputusan dari hasil observasi, termasuk pengenalan ucapan, analisis citra, interpretasi sinyal, dll
Kemarin kelompok saya membuat education tentang tata surya atau pelanet” dan juga matahari saya menggunakan vb.net deprogram tersebut terdapat gambar dan video, jika kita mengklik gambarnya dia akan muncul video nya dan muncul penjelasan tentang apa yang kita klik.

Analisis tentang konsep kecerdasan buatan dan sebutkan serta beri penjelasan tentang AI dipandang dari segi perspektif apa saja ?
konsep kecerdasan buatan
-Kecerdasan Buatan dapat didefinisikan sabagai cabang Ilmu Komputer yang mempelajari otomatisasi tingkahlaku cerdas (Intelligent).
-Kecerdasan Buatan dapat memungkinkan komputer untuk berfikir.
-Kecerdasan Buatan dapat menirukan proses belajar manusia sehingga informasi baru dapat diserap dan digunakan sebagai acuan di masa yang akan datang.
1. Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama)
2. Memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah)
3. Membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial)
KONSEP
Metode Pengujian Kecerdasan, PEMROSESAN SIMBOLIK, HEURISTIC, PENARIKAN KESIMPULAN, PENCOCOKAN POLA
AI dilihat dari berbagai sudut pandang :
-Sudut pandang Kecerdasan : mesin menjadi ‘cerdas’ (mampu berbuat apa yang dilakukan oleh manusia)
-Sudut pandang Penelitian : studi bagaimana membuat agar komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dilakukan oleh manusia.
-Sudut pandang Bisnis : kumpulan peralatan yang sangat powerful dan metodologis dalam menyelesaikan masalah-masalah bisnis
-Sudut pandang Pemrograman : studi tentang pemrograman simbolik, penyelesaian masalah (problem solving) dan pencarian (searching).